MUSRENBANG 1

MUSRENBANG 2

Program studi Perpustakaan dan Sains Informasi memberikan paparan program kerja tahun 2020 yang disampaikan oleh Ketua dan didamping Sekretaris Prodi, adapun program kerja yang dipaparkan adalah

  1. Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Kegiatan pelatihan pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi bertujuan sebagai bentuk pengabdian program studi perpustakaan dan sains informasi kepada pustakawan/pengelola perpustakaan dari berbagai jenis perpustakaan untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan perpustakaan, sehingga layanan kepada pemustaka dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan saat ini.
  2. Seminar Nasional dengan Tema Peran Literasi Digital bagi Pustakawan dalam Menghadapi Era Big Data. Seminar nasional ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa dan pustakawan dalamm menghadapi era revolusi industry 4.0 yang menghasilkan juataan data digital sehingga memunculkan teknologi bigdata.
  3. Workshop Implementasi Big Data di Perpustakaan. Workshop dengan tema “implementasi bigdata di perpustakaan” bertujuan untuk menambah softskill mahasiswa terutama di bidang pemanfaatan IT di Perpustakaan. Kegiatan workshop ini diadakan dengan memanfaatkan Open Source Big Data Platform
  4. Praktek Kerja Lapangan. Praktek Kerja Lapangan (PKL) bertujuan memberikan pengalaman secara langsung (mengkaji, mengamati serta menilai) bagi mahasiswa yantuk berpartisipasi dalam pengelolaan perpustakaan sesuai dengan teori dan standar nasional perpustakaan. 
  5. Kuliah Umum. Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi merasa melakukan kuliah umum dengan tema “konsep dan model bigdata dalam upaya peningkatan layanan pemustaka” dengan tujuan mahasiswa mendapat gambaran dan wawasan yang jelas mengenai konsep dan model bigdata yang dapat diimplementasikan di perpustakaan.

BERITA RRI MEDAN

Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi (PSPSI) FIB – USU pada tanggal 19 dan 20 Juni 2019 melakukan kunjungan kerja dan PKL pada LPP RRI Medan dan LPP TVRI Medan. Di LPP RRI Tim PSPSI diterima oleh kkepala bidang pemberitaan Bapak Dadang Suyatna berserta staf RRI, pada sambutannya beliau sangat mengapresiasi kunjungan dan PKL mahasiswa sebagai bentuk sosialisasi LPP RRI Medan agar lebih dicintai oleh Mahasiswaa dan Beliau juga memberikan kesempatan pada mahasiswa dan staf pengajar PSPSI untuk mengisi program acara di RRI.

        Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan melakukan kegiatan sosialisasi ke Kabupaten Sidikalang pada tanggal 26-28 April 2018. Kegiatan sosialisasi ini rutin dilakukan setiap tahun dengan tujuan memperkenalkan Program Studi Ilmu Perpustakaan ke beberapa daerah di Sumatera Utara. Lokasi sekolah yang menjadi tujuan sosialisasi adalah SMAN 1 dan SMAN 2 Kabupaten Sidikalang.

      Kegiatan sosialisasi dimulai dengan pembagian brosur bagi siswa/siswi kelas 3, dilanjutkan dengan pemaparan oleh Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan Bapak Ishak, S.S, M.Hum. Bapak ishak memaparkan seputar kurikulum pembelajaran, fasilitas, serta peluang lulusan prodi Ilmu Perpustakaan. Usai pemaparan, siswa/i dipersilahkan untuk bertanya seputar jurusan ilmu perpustakaan. Siswa/i mengikuti kegiatan sosialisasi dengan antusias hingga akhir. (ihk/psip)

SAMPEL UNTUK BERITA 1 3

Program Studi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi melakukan kunjungan ke TVRI dan RRI Medan dalam rangka kerjasama dalam bidang pengarsipan digital. Salah satu rangkaian adalah akan melaksanakan kegiatan Pra PKL untuk mahasiswa dimana mahasiswa perlu dibekali pengetahuan dasar bidang pengarsipan digital, khususnya materi pengelolaan audio visual, rekaman suara, film dan sejenisnya serta sistem temu kembali informasi dan acara akan dilaksanakan pada hari Rabu dan kamis, 19 & 20 Juni 2019. Kunjungan Prodi S1 Perpustakaan dan Sains Informasi diterima hangat oleh Ibu Evi selaku Sekretaris TVRI Medan dan Ibu Tri serta hadir pula Kaprodi Ibu Eva Rabita, Sekpro Bapak Ishak,M.Hum dan staf pengajar Prodi. Dalam diskusi tersebut bahwasannya Arsip Digital diperlukan karena ada nilai sejarah didalam file tersebut. Tujuan dari kerjasama ini adalah meningkatkan peran lembaga pemerintahan dan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat. (evr/psip)

SAMPEL UNTUK BERITA 1 4

 

Era Revolusi Industri 4.0 telah merambah ke semua bidang kehidupan termasuk bidang perpustakaan.  Program Studi Ilmu Perpustakaan menyelenggarakan kuliah umum menghadirkan pakar ilmu perpustakaan sekaligus dosen program studi ilmu perpustakaan Universitas Indonesia, Bapak Putu Laksman Pendit, P.hD.  Kuliah umum dilaksanakan pada hari Sabtu, 21 April 2018 bertempat di Aula Serba Guna Fakultas Ilmu Budaya USU. Peserta kuliah umum adalah mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan FIB USU.

Kuliah umum membahas arah perkembangan ilmu perpustakaan di era revolusi industri 4.0.  Dimana sebuah perpustakaan harus dikelola dengan pemanfaatan teknologi dan bertransformasi tidak hanya menjadi tempat membaca buku dan mencari informasi tapi juga dapat menjadi working space bagi masyarakat, maka disitulah peran mahasiswa ilmu perpustakaan.   Kuliah umum berlangsung santai dan mencair, mahasiswa S1 Ilmu Perpustakaan mengikuti kuliah umum dengan antusias. Kuliah umum di akhir dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. (ihk/psip)

Page 1 of 3